Mengupas Bawang Merah Tanpa Menangis


Mengapa mengupas bawang merah membuat kita menangis? Bagaimana cara mengupas bawang merah tanpa kita harus menangis? Bawang merah terdiri dari kulit luar tipis yang berwarna coklat, lapisan umbi yang berwarna putih dan yang bisa dikonsumsi, lapisan cakram yang ditumbuhi akar. Ketika kita memotong bagian cakram, bawang merah akan mengeluarkan sejenis enzym. Enzym ini selanjutnya akan mengeluarkan gas yang jika kena air akan menghasilkan asam. Berarti jika gas ini masuk ke mata yang notabene ada airnya, maka saat itulah terdapat asam di mata kita. Kitapun menangis.

Beberapa Cara Mengupas dan Merajang Bawang Merah Tanpa Harus Menangis

  1. Jika punya kacamata renang atau semacamnya di rumah, kita bisa memakainya untuk mencegah gas hasil reaksi enzym bawang menguap menuju mata kita. Jika tidak punya, lihat cara-cara selanjutnya berikut.
  2. Dinginkan bawang merah sebelum dipotong. Masukkan bawang merah ke dalam lemari es selama beberapa saat. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.
  3. Rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es. Setelah beberapa saat, ambil bawang dari air es, kemudian iris seperti biasa.
  4. Gunakan pisau yang tajam. Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat Anda menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.
  5. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir. Ambil beberapa batang korek api dan gigit saat sedang memotong bawang.
  6. Mengunyah permen karet atau mengunyah makanan lain diklaim mampu mengurangi air mata yang mengalir. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah khususnya di area mata akan bergerak dan ‘menangkis’ zat pemerih mata.
  7. Manfaatkan air yang mengalir. Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir akan menghilangkan zat pemerih mata di dalam bawang.
  8. The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika Anda memotong bagian atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.
  9. The National Onion Association juga menyarankan untuk membiarkan bagian akar bawang tetap utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.
  10. Adanya konsentrasi cuka di atas talenan juga dianggap bisa mengurangi air mata. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.
  11. Gunakan bantuan kipas angin. Kipas angin ini akan membuat zat belerang menjauhi wajah dan mencegah Anda menangis saat memotong bawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *